24 August 2013

Cara Memperbaiki Komputer Restart Sendiri

Do you want to share?

Do you like this story?

Mungkin diantara agan-agan mengalami seperti saya? Komputer yang kita pakai tiba-tiba restart sendiri, tanpa tau sebabnya membuat kita jengkel, dan tentunya sangat mengganggu ketika secara tiba-tiba komputer restart sendiri sedangkan kita belum sempat menyimpan dokumen/data atau menyelesaikan pekerjaan ataupun aktifitas yang kita lakukan saat itu.

Jika sobat mengalami hal yang demikian, kita harus tahu terlebih dahulu dimana letak kerusakannya sehingga menyebabkan Rebooting, dengan ini sobat tidak perlu membawa pc anda ke teknisi komputer.

Berikut penyebab yang dapat mengakibatkan komputer sering restart sendiri :

1. Komputer sering restart sendiri karena Processor kepanasan.
Processor yang kepanasan (overheat) adalah salah satu penyebab utama komputer sering restart sendiri.
Penyebab utama dari Processor yang kepanasan ini juga terdapat beberapa hal:
  • Kondisi kipas angin (fan) yang terdapat pada pendingin Processor yang sudah tidak optimal (misalnya macet karena debu).
  • Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer berdebu.
  • Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Pendinginnya.
  • Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.
Untuk mengatasi komputer sering restart karena Procesor kepanasan (overheat) ini kita bisa melakukan beberapa hal diantaranya:
  1. Senantiasa membersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kuas cat yang bersih dan vacum cleaner kecil.
  2. Menggunakan thermal paste sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dan Pendingin. Untuk thermal paste yang sudah kering sebaiknya diganti.
  3. Menyimpan komputer diruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC). Seandainya terpaksa harus menyimpan komputer di ruangan yang cukup panas, maka sebaiknya lengkapi casing CPU dengan kipas angin tambahan.
► Solusi : Lepas CPU / Processor , bersihkan berikan Thermal Pasta / Pasta Pendingin CPU, lihat kipas / fan nya, kalo perlu ganti yang bagus, jangan yang bertuliskan Made in China atau yang harganya 30 rb-an.

2. Komputer sering restart sendiri karena Power Supply kekurangan daya.
Penyebab kedua komputer sering restart adalah kurangnya daya atau sudah tidak optimalnya bagian Power Supply yang mensupply daya pada CPU. Hal ini bisa terjadi misalnya karena macetnya atau matinya Kipas angin (fan) yang terdapat pada power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Apabila anda merasa curiga dengan performa Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Untuk keperluan komputer sekarang, sebaiknya pakailah sebuah Power Supply dengan daya minimal 530 Watt.

3. Komputer sering restart sendiri karena VGA Card rusak
Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.

4. Komputer sering restart sendiri karena Hardisk bad sector
Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau komputer ga bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah keruksakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown.

5. Komputer sering restart sendiri karena RAM rusak
RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart, hal ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Saat itu komputer selalu restart ketika dinyalakan meskipun saya telah memastikan tidak ada masalah dengan hardware yang lain, komputer tetap tidak bisa booting dan selalu restart meskipun masuk ke windows safe mode. Saya kemudian mengganti RAM yang terpasang, dan akhirnya komputer bisa berjalan normal kembali.

ARTIKEL TERKAIT :

5 komentar :

  1. Replies
    1. Di cek gan karena klo dibiarkan akan menggangi aktifitas anda saat menggunakannya :)

      Delete
  2. iya makasih gan komputer saya sering restart sendiri mungkin karena hardisnya kali.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap.... Hardisk emang sering bekerja menampung data-data, sering2 di cek gan :-d

      Delete
  3. om
    gue tadi main komp trus gue cabut langsung kabelnya
    tapi besk pagiunya langsung reboot sendiri kenapa?

    ReplyDelete
SILAHKAN TULIS KOMENTAR ANDA, DENGAN CATATAN :
* Komentator "Anonymous" tidak diprioritas-kan, jadi gunakan salah satu Profile untuk respon lebih cepat
* Jika anda tidak memiliki akun Google anda bisa gunakan Name/URL
   - isi Name dengan Nama Anda
   - isi URL dengan link/url profile Facebook Anda atau Twitter Anda atau yang lainnya
* Mohon jangan menyisipkan Link Hidup..!!!
* Please do not insert Live Links ....!!!

Advertisements

Advertisements

 

Cara Memperbaiki Komputer Restart Sendiri Oops ! | Error 404