15 March 2012

Arti WWW

Do you want to share?

Do you like this story?

Informasi Online - Arti WWW dapat kita ketahui dari kepanjangannya. WWW adalah kependekan dari world wide web. Jika diterjemahkan secara kasar kedalam bahasa Indonesia, world wide web artinya Jaringan Jagad Raya atau Jaringan Dunia Raya. Wikipedia memberikan arti WWW sebagai sistem dokumen hypertext saling diakses melalui Internet.
Alat yang digunakan untuk mengakses dokumen dalam system WWW ini disebut sebagai web browser atau terkadang disebut sebagai browser saja. Dengan web browser, kita bsia melihat halaman web yang berisi beraneka ragam informasi, baik itu text, gambar multimedia, dan lain-lain. Saat ini mungkin anda juga sedang membaca artikel ini melalui browser.

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa WWW adalah internet itu sendiri, namun begitu, www sebenarnya adalah bagian dari internet. Ini seperti menganggap bahwa unggas adalah ayam, padahal yang lebih tepat adalah ayam adalah bagian dari unggas.

Jika kita tilik dari pengertian www menurut terjemahan bebasnya memang pengertian www bisa diartikan demikian. Namun jika dilihat dari segi teknis, kata www atau susunan huruf www adalah hal yang sering dituliskan oleh beberapa orang ketika hendak berselancar atau membuka suatu situs. Hal teknis ini meskipun sepele, namun sering saya temui dari teman-teman saya yang membuka suatu situs.

Well, saya memang bukan orang yang suka bekerja berame-rame dengan satu buah computer. Hanya saja dulu pernah beberapa kali saya mencari artikel bersama seorang rekan. Dan semisal saya berkata, “coba cari di google”, bukannya menulis kalimat google.com namun rekan saya tersebut menulis secara lengkap www.google.com. Nah loh, kita bertemu dengan kata www lagi. Hanya saja, secara pribadi saya agak keberatan dengan cara menulis seperti itu. Karena setahu saya (saya berulang kali melakukannya) kita tidak perlu menuliskan www di depan kata google.com untuk mendapatkan hasil yang sama dengan tanpa menuliskan www. Tapi saya sendiri tidak ingin menyebalkan rekan saya ini dengan terlalu banyak protes mengenai penulisan www di depan alamat domain tersebut.

Memahami arti www, tidak lengkap rasanya tanpa mengetahui sekilas sejarah mengenai www itu sendiri. Penemu WWW adalah Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Pada awalnya Tim Berners-Lee hanya bermaksud untuk memudahkan pengarsipan dari berkas-berkas penelitiannya. Seiring dengan berlalunya waktu, ternyata system ini berkembang menjadi salah satu bagian dari internet yang kita kenal saat ini. Semoga ulasan mengenai arti www ini dapat berguna bagi anda.

ARTIKEL TERKAIT :

3 komentar :

  1. benar itu. kalo saya tidak pernah sama sekali gunakan www. tapi langsung ketik saja karena nanti apa yg kita cari jika salah akan di sodorkan alamat yang benar... bukan begitu kan..?

    ReplyDelete
  2. terima kasih atasinfonya karena ada tugas sekola. Dan aku juga ingin tahu kata www itu. Thank you kak

    ReplyDelete
SILAHKAN TULIS KOMENTAR ANDA, DENGAN CATATAN :
* Komentator "Anonymous" tidak diprioritas-kan, jadi gunakan salah satu Profile untuk respon lebih cepat
* Jika anda tidak memiliki akun Google anda bisa gunakan Name/URL
   - isi Name dengan Nama Anda
   - isi URL dengan link/url profile Facebook Anda atau Twitter Anda atau yang lainnya
* Mohon jangan menyisipkan Link Hidup..!!!
* Please do not insert Live Links ....!!!

Advertisements

Advertisements

 

Arti WWW Oops ! | Error 404