03 June 2013

10 Tips Aman Berbelanja Online

Do you want to share?

Do you like this story?

Tips Aman Berbelanja OnlineSebagai BUYER (pembeli) tentunya kita ingin mendapat barang yang murah dan berkualitas atau barang sesuai dengan kebutuhan yang kita kehendakai. Dan sebagai pebelanja online, sudah pasti keamanan dan kenyamanan bertransaksi menjadi FAKTOR UTAMA yang menentukan.

Jangan sampai kita merasa kecewa karena kena tipu antara lain:barang cacat,barang tidak sesuai atau yang lebih parah barang tidak sampai.

Nah, untuk membuka wawasan sekaligus mengingatkan Buyer agar tetap bisa berbelanja aman lewat online, berikut beberapa tips aman berbelanja online:

1. Cari informasi terhadap situs web tempat Anda berbelanja
Tips ini harus dilakukan jika situs web kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Kalau tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web tersebut. Carilah ulasan dari konsumen mereka (testimonial), jika ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.
2. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda
Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang, karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu
3. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik
Anda patut curiga pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.
4. Jangan mudah tergoda barang murah
Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer. Dan hati-hati, spammer bisa juga merayu, ia mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya, kunjungi situs web perusahaan baik-baik itu dan langsung belanja dari sana. Jangan via e-mail atau jendela pop-up.
5. Cari tanda kalau situs web itu aman
Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada. Ketika Anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit ataupun pembayaran, lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke 'shttp' atau 'https'. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, jadi lebih aman.
6. Amankan PC Anda
Minimal PC Anda harus punya antivirus,bisa saja sudah ada garong yang sudah menanamkan malware, mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi. Lebih baik lagi kalau punya anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Sebaiknya, atur saja proses update secara otomatis.
7. Pertimbangkanlah cara pembayaran
Biasaya kartu kredit lebih sering digunakan namun karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan sistem debit secara online dan realtime (seperti PayPal,Rekber dan IPAYMU) atau escrow boleh dipertimbangkan. Cara ini lebih cepat, mudah dan aman untuk kita dalam melakukan pembayaran. 
8. Gunakan jasa pengiriman yg terdaftar atau yang jelas keberadaan jasanya
Fasilitas ini sangat penting supaya kita bisa tracking/cek keberadaan barang yang kita pesan.
9. Periksa harga total
Harga barang, plus ongkos bungkus, plus ongkos kirim, mudah-mudahan ada diskonnya. Bandingkan harga total dari satu situs web dengan situs web lain.
10. Simpan bukti transaksi
Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual. Namun jika sudah menggunakan sistem debit yang terintegrasi maka akan lebih mempermudah penyimpanan bukti transaksi kita.

Sumber:  http://tekno.kompas.com

ARTIKEL TERKAIT :

10 komentar :

  1. Makasih tipsnya sob,.. jd bisa buat referensi kalo belanja online niy,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 mas Didit,smoga artikel ini bermanfaat buat kita semua :-d

      Delete
  2. harus selalu hati2 dalam berbelanja online tentunya...makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas,skrng banyak banget modus yg dilakukan para penipu. WASPADA AJ BUAT PARA BUYER

      Delete
  3. super sekali tipsnya kawan

    ReplyDelete
  4. saya juga serng takut kalau membeli online,,lebih baik beli ke yang sudah jelas saja ,,
    lebih baik lagi kalau pengiriman barang terlebih dahulu,,lebih aman :)

    ReplyDelete
SILAHKAN TULIS KOMENTAR ANDA, DENGAN CATATAN :
* Komentator "Anonymous" tidak diprioritas-kan, jadi gunakan salah satu Profile untuk respon lebih cepat
* Jika anda tidak memiliki akun Google anda bisa gunakan Name/URL
   - isi Name dengan Nama Anda
   - isi URL dengan link/url profile Facebook Anda atau Twitter Anda atau yang lainnya
* Mohon jangan menyisipkan Link Hidup..!!!
* Please do not insert Live Links ....!!!

Advertisements

Advertisements

 

10 Tips Aman Berbelanja Online Oops ! | Error 404